Rayakan Ulang Tahun ke-10 Kamar Dagangnya, Pengusaha Tiongkok Bertekad Majukan Indonesia

Jakarta, 9 Juni 2015 – China Chamber of Commerce in Indonesia (Kamar Dagang dan Industri Perusahaan-perusahaan asal Tiongkok/ CCCI) merayakan ulang tahun ke-10 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (9/6/2015).

Perayaan tersebut dihadiri Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Mr Xie Feng, Ketua CCCI Mr Liu Hao Sheng, Wakil Ketua BKPM Bapak Tamba Hutapea,  Minister Counselor bidang Perekonomian dan Perdagangan Kedubes Tiongkok Mr Wang Li Ping, jajaran pejabat dari Kedutaan Tiongkok di Indonesia, dan perwakilan dari berbagai organisasi dan elemen masyarakat.

Duta Besar Tiongkok Mr Xie Feng dalam sambutannya mengatakan, secara kumulatif pengusaha Tiongkok telah menanamkan modal sebesar US$4,14 miliar di Indonesia. Mr Feng juga mengingatkan para pengusaha asal Tiongkok agar selalu mendorong kerjasama Tiongkok–Indonesia di berbagai bidang dan mengutamakan kredibilitas serta tanggungjawab sosial dalam menjalankan usahanya.

“Nilai investasi tersebut meningkat sangat cepat berkat kerjasama bilateral Tiongkok-Indonesia yang makin erat, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan maritim yang mempertemukan rancangan strategis Tiongkok untuk membangun Jalur Sutera Maritim dan visi Presiden Joko Widodo untuk membangun Poros Maritim Dunia,” jelas Mr Feng.

Ketua CCCI Mr Liu Hao Sheng, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia maupun Tiongkok, atas dukungannya selama 10 tahun dalam perkembangan CCCI. Mr Sheng mengimbau para anggotanya agar tidak semata-mata mencari keuntungan dalam usahanya, tetapi senantiasa mendukung program pembangunan yang dirancang oleh pemimpin kedua negara, melakukan komunikasi dan koordinasi, membangun kesejahteraan dan persahabatan rakyat kedua negara, selalu maju bersama Indonesia.

“Saat ini CCCI sudah memiliki lebih dari 160 anggota yang meliputi infrastruktur, sumberdaya mineral, pertanian, telekomunikasi, transportasi, permesinan, perdagangan dan banyak bidang lainnya,” kata Mr Sheng.

Sementara itu Bapak Tamba P Hutapea menyampaikan rasa terima kasih kepada CCCI yang selama ini telah memfasilitasi pengusaha Tiongkok di Indonesia. Menurutnya, pemimpin Indonesia dan Tiongkok telah bertemu tiga kali dalam kurun waktu enam bulan, dan mencapai kesepakatan untuk mempererat hubungan kerjasama di bidang politik, ekonomi, maupun sosial dan budaya.

“Sesuai visi strategis pemerintah kedua negara, BKPM akan terus berupaya memperbaiki proses perijinan, melakukan terobosandebottlenecking, dan mendorong peningkatan iklim investasi, dengan harapan agar makin banyak pengusaha Tiongkok mengenal Indonesia dan menambah keyakinan untuk investasi di Indonesia, meningkatkan persentase realisasi investasinya, dan tergabung dengan wadah pengusaha-pengusaha Tiongkok, yaitu CCCI, terlibat dalam membantu pembangunan Indonesia dan meraih peluang usaha yang tersedia,” jelas Bapak Tamba.

Bapak Tamba menambahkan, ia juga ingin investor memandang Indonesia tidak hanya sebagai pasar, tetapi juga sebagai pusat produksi di Asia, melakukan transfer ilmu dan meningkatkan daya saing Indonesia.

Dalam acara 10th Anniversary Celebration tersebut juga dilakukan penyaluran dana bantuan dan beasiswa yang dikumpulkan oleh para anggota CCCI kepada panti asuhan dan mahasiswa.

Berberapa anggota CCCI juga memaparkan hasil program tanggung jawab sosialnya di Indonesia, termasuk pembangunan sekolah, rumah sakit, pembinaan masyarakat dan penanggulangan bencana alam. Seperti yang dijelaskan Duta Besar Feng dan Ketua Umum Sheng, CCCI berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat kedua negara dan melakukan tanggungjawab sosial, tidak saja dalam perayaan ulang tahunnya, tetapi menjadikan hal-hal tersebut bagian yang tak terpisahkan dari misinya di Indonesia.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply