Menyusun PR Plan untuk Bisnis Anda

Sebelum Anda mulai Menyusun PR Plan untuk Bisnis Anda, tentukan dahulu siapa target yang ingin Anda tuju dengan rencana Anda ini. Siapa pelanggan Anda dan apa yang paling tepat untuk mereka, ini bukan hanya sebatas mendapatkan publisitas yang bagus untuk rencana PR yang efektif. Ini adalah tentang mendapatkan publisitas yang penting bagi target audiens Anda.
 
Kenali Tujuan
 
Apakah Anda akan menjangkau media, membuat kontak baru untuk bisnis Anda, dan membangun tim internal ? Apa tujuan dari kampanye Anda ini atau bagian dari kampanye Anda ? Jika Anda ingin meningkatkan citra merek Anda kepada publik dan khususnya mereka yang menjadi audiens Anda, bagaimana Anda akan melakukannya ?
 
Anda mungkin akan menjadi tuan rumah untuk sebuah acara peluncuran produk dengan influencer, atau Anda akan memberikan beberapa dari yang Anda jual ke sebuah organisasi dengan menggunakan cara beramal (charity). Contoh: Anda memiliki beberapa produk makanan untuk sebagian dibagikan atau diberikan ke sebuah panti asuhan.
 
Salah satu strategi pendekatan seperti diatas dapat menarik perhatian dan mengumpulkan media-media hebat. Ini terserah Anda bagaimana memutuskan konsep acara yang paling baik dalam berhubungan dengan konsumen.

Kembangkan Tujuan dan Rencana Aksi
 
Setelah anda memutuskan cara pendekatan yang ingin Anda ambil, maka inilah saatnya untuk menetapkan tujuan dan tindakan. Tentuka siapa yang akan bertanggung jawab dan apa yang dibutuhkan. Tetapkan anggaran dan kemudian verifikasi bahwa semua tujuan dan aksi sesuai dengan rencana awal. Terkadang dalam proses perencanaan, Anda bisa tergoda dengan ide-ide bagus lainnya dan mungkin bisa jadi ide tersebut tidak benar-benar dapat membantu rencana Anda tersebut.

Anda juga perlu memutuskan bagaimana rencana tersebut dapat menjangkau orang-orang yang ingin Anda tuju. Apa pesan Anda dan bagaimana Anda menghubungkannya dengan konsumen, media, atau lainnya? Apakah Anda ingin membuat hashtag khusus untuk acara atau tagline yang cocok digunakan oleh semua media?

Tentukan jadwalnya
 
Anda harus menentukan jadwal untuk semua hal yang akan Anda lakukan untuk kampanye ini dan lakukan semua tepat waktu.
 
Selanjutnya Anda pasti akan menggunakan sejumlah strategi dan kendaraan yang berbeda untuk menyampaikan informasi kepada target audiens dan media. Beberapa diantaranya termasuk artikel di sosial media, siaran pers, konferensi pers, testimonial pelanggan, media visit, wawancara dengan pers, radio, televisi hingga seminar dan acara diskusi. Anda juga dapat memilih cara untuk mensponsori atau berpartisipasi dalam sebuah acara.
 
Semua itu adalah alat (tools) yang tepat untuk digunakan, namun Anda tidak perlu mempraktikan semuanya. Mulailah dengan tiga atau empat strategi diatas kemudian lihat dan analisis hasilnya. Anda bisa mencoba strategi lainnya lagi di kemudian hari dan cobalah untuk berkolaborasi dengan banyak pihak.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply